Minggu, 04 Januari 2015

Rasa Beda yang Sama



Berbeda dan sungguh memang berbeda antara liburan tahun ini dengan liburan tahun kemarin. Dia, ya benar dia yang selama ini kuanggap dekat denganku tiba-tiba berubah aneh kepadaku. Tingkah lakunya, mimik wajahnya, dan semua yang ada padanya serasa berbeda dengan tahun kemarin. Entah apakah ini hanya apa yang aku rasakan dalam alam bawah sadar ataukah memang ini benar-benar terjadi.

Sungguh tak ada niatan dariku mengungkapkan perbedaan tentang yang aku rasakan padanya. Tapi hal yang kusimpan ini mungkin memang sudah waktunya dia tahu. Ya malam itu, malam dimana menjadi puncak kegelisahanku karena perubahan tingkahnya kepadaku. Malam setelah sore harinya aku bertanya terus-menerus kepadanya melalui pesan elektronik tentang apa yang sedang mengganggu pikiranku, diapun mengungkapkan satu persatu tentang perasaanya, sifatnya berubah karena ketidaknyamanannya di dekatku. Dia takut telah berbuat salah kepadaku, bahkan karena kebaikanya kepadaku dia rela menahan rasa ingin tahunya itu kepadaku. Ya benar rasa ingin tahu tentang perubahan yang terjadi dalam diriku.
Tuhan kami merasakan rasa yang sama, ternyata diapun merasa bahwa aku telah berubah, sama seperti yang kurasakan padanya. Dia rasakan aku telah berbeda dari aku yang dulu, dia katakan padaku bahwa dia tak mengenal lagi aku yang dulu sungguh membuat hatiku sangat miris. Sungguh aku amat merasa bersalah karena membuatnya merasa begitu. Andai dia tahu bahwa aku tak bermaksud dingin kepadanya, namun hanya tak ingin jika yang kukatakan nanti akan melukai hatinya. Dan cara inilah yang aku bisa lakukan untuk menjaga perasaanya.
Entah kenapa jadi terbolak-balik begini perasaan kami. Kurasakan jarak kami semakin jauh denganya, jauh sekali. Namun aku yakin harapan kami untuk saling menjaga layaknya keluarga akan menjadi erat kembali seiring dengan berjalanya waktu. Dan satu kata yang masih kuingat darinya untuk tetap menatap kehidupan yang ada di depan kita, intinya ya dijalani saja. Dan satu hal yang bisa kuucapkan hanya rasa maaf dan terima kasih yang mendalam untuk semua yang telah dia lakukan #dw.


Share this article :

1 komentar: